Minggu, 11 Oktober 2009

sociology assignment

Definisi dan Contohnya
Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan manusia lain. Sebagai akbat dari hubungan yang terjadi di antara individu-individu (manusia) kemudian lahirlah kelompok-kelompok sosial (social group) yang dilandasi oleh kesamaan-kesamaan kepentingan bersama.
In-group adalah kelompok sosial, dengan mengidentifikasikan dirinya. Sikap in-group pada umumnya didasarkan pada factor simpati dan selalu mempunyai perasaan dekat dengan anggota kelompok.Out-group adalah kelompok sosial yang oleh individu diartikan sebagai lawan in-groupnya. Sikap out-group selalu ditandai dengan suatu kelainan yang berwujud antagonisme atau antipati. Contoh in group adalah sekelompok wanita yang mengadakan arisan bersama-sama setiap periodenya. Mereka memilki perasaan dekat dan factor simpati. Sedangkan contoh out group adalah ketika kita berhadapan dengan kelompok lain dalam kompetisi debat. Merka merupakan lawan dari in group kita.
Primary group adalah kelompok-kelompok yang ditandai dengan ciri-ciri kenal mengenal antara anggota-anggotanya serta kerja sama erat yang bersifat pribadi. Sedangkan yang dimaksud pengertian secondary group adalah kebalikan dari primary group. Secondary group sebagai kelompok-kelompok yang besar, yang terdiri banyak orang antara siapa hubungannya tak perlu berdasarkan kenal mengenal secara pribadi dan sifatnya tidak begitu langgeng. Contoh primary group adalah tim sepakbola. Mereka mengenal satu sama lain dan ada kerjasama yang erat. Sedangkan contoh dari secondary group adalah group tour ( travel). Kekompakan tim ini tidak bersifat langgeng atau bersifat sementara.
Paguyuban (gemeinschaft) adalah kehidupan bersama yang mana para anggotanya memilki hubungan batin yang murni , bersifat almiah dan kekal. Sedangkan Patembayan ( gesselschaft) adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu pendek. Contoh paguyuban adalah perkumpulan orang-orang pasundan yang membentuk kelompok dan merek semua memiliki hubungan batin karena berasal dari satu tanha kelahiran yang sama.
Formal group adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antara sesamanya. Sedangkan informal group tidak mempunyai struktur dan organisasi tertentu atau yang pasti. Kelompok ini biasanya terbentuk karena pertemuan yang berulangkali, yang menjadi dasar bertemunya kepentingan dan pengalaman yang sama.Contoh formal group adalah kelompok mahasiswa di London School yang memiliki peraturan yang tegas dan disengaja. Seperti contohnya harus memakai id card ketika memasuki wilayah kampus.
Membership group merupakan suatu kelompok di mana setiap orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut. Sedangkan reference group adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang untuk membentuk pribadi dan perilakunya. Misalnya seorang anggota politik yang kebetulan menjadi anggota DPR, DPR merupakan membership group baginya akan tetapi jiwa dan jalan pikirannya tetap terikat pada reference groupnya yaitu partainya. Ada dua tipe umum reference group yaitu ; (1) tipe normative yang menemukan dasar-dasar bagi kepribadian seseorang dan (2) tipe perbandingan yang merupakan pegangan bagi individu di dalam menilai kepribadinnya.

Kelompok okupasional merupakan kelompok yang terdiri dari orang-orang yang melakukan pekerjaan sejenis, misalnya muncul kelompok seprofesi. Sedangkan kelompok volonter merupakan mencakup orang-orang yang mempunyai kepentingan sama, namun tidak mendapatkan perhatian masyarakat yang semakin luas daya jangkauannya tadi. Dengan demikian, maka kelompok volonter akan dapat memenuhi kepentingan anggotanya secara individu, tanpa mengganggu kepentingan masyarakat secara umum. Kelompok volonter itu mungkin dilandaskan pada kepentingan primer mencakup kebutuhan akan sandang, pangan dan papan, kebutuhan akan keselamatan jiwa dan harta benda, kebutuhan akan harga diri, kebutuhan untuk dapat mengembangkan potensi diri, dan kebutuhan akan kasih sayang. Kebutuhan sekunder misalnya adalah kebutuhan akan rekreasi. Contoh kelompok volunteer adalah sekelompok pecinta alam yang sering melakukan aktifitas bersama-sama. Sedangkan contoh dari kelompok okupasioanal adalah sekelompok pengacara. Mereka membentuk kelompok karena seprofesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar